TikTok Uji Coba Fitur Feed “Nearby” untuk Menampilkan Konten Lokal

Techindopost gambar artikel Tiktok Uji Fitur Feed Nearby untuk Menampilkan Konten Lokal
Tampilan halaman profil pengguna di aplikasi Tiktok. Image Credit: Hello Im Nik Unsplash

📌 Highlights

  • Tiktok sedang menguji fitur Feed Nearby terbaru, selain itu Tiktok juga dikabarkan tengah menguji penambahan tag lokasi ke dalam video,
  • Belum ada informasi pasti kapan fitur terbaru ini dirilis, karena saat ini masih dalam tahap pengujian,
  • Google menjadi khawatir karena market mereka diambil Tiktok dan platform terbaru lainnya.

Techindopost - TikTok sedang menguji fitur feed “Nearby” yang merupakan fitur terbaru untuk menampilkan konten lokal kepada pengguna. Saat ini pengujian dilakukan secara terbatas dan baru disebarkan ke pengguna tertentu di Asia Tenggara. Pengguna yang mendapatkan uji coba ini akan melihat tab feed yang muncul diantara menu “Following” dan “For You” di halaman utama aplikasi TikTok.

Berdasarkan informasi yang kami kutip dari TechCrunch, salah satu juru bicara TikTok mengatakan “TikTok selalu memikirkan cara baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan memberikan value ke komunitas TikTok”.



Hal itu diperkuat dengan intens nya TikTok yang saat ini sedang menguji fitur untuk membuat pengguna dapat menambahkan tag lokasi ke dalam video. Disebutkan bahwa fitur ini secara bertahap akan diluncurkan ke semua pengguna secara global. Tapi sayangnya tidak ada informasi detail apakah fitur ini merupakan salah satu pelengkap fitur feed Nearby.


Rekomendasi Editor Kami



Diketahui TikTok telah mengembangkan algoritma rekomendasi yang membuat pengguna bisa mendapatkan konten yang lebih dipersonalisasi dan lebih relevan. Ditambah dengan perilisan feed Nearby yang akan membuat TikTok semakin bersaing dengan kompetitor seperti Snap Map milik Snapchat dan Peta Pencarian Instagram yang tidak lama baru diluncurkan Meta. Kedua fitur tersebut memberikan layanan serupa kepada pengguna untuk menemukan konten dan tempat menarik sesuai lokasi yang dicari.

Namun pengembangan fitur feed Nearby ini membuat perusahaan Alphabet inc menjadi khawatir, karena fitur ini berpotensi mempengaruhi mesin pencarian mereka. Berdasarkan data, ditemukan bahwa saat ini pengguna generasi mudah lebih memilih melakukan pencarian tempat makan di Instagram dan TikTok daripada menggunakan mesin pencarian Google.



Selain itu dengan adanya fitur feed Nearby, ini bisa menjadi peluang untuk pembuat iklan lokal, karena iklan yang mereka buat dapat ditargetkan ke lokasi bisnis atau layanan terdekat. Walaupun TikTok sudah menampilkan iklan di dalam feed, dengan penambahan iklan lokal menjadikan pembuat iklan dapat menjangkau pengguna yang lebih luas.

Seperti pada pengujian fitur lainnya, TikTok mengatakan pada saat perilisan nanti ada kemungkinan fitur yang dikembangkan dapat berubah atau malah dihapus dengan alasan satu dan lain hal. Jadi jangan berekspektasi tinggi dulu ya Tiptroopers, kita tunggu saja final rilis sambil memantau perkembangan fiturnya.

Menarik ya Tiptroopers, TikTok semakin kesini menunjukkan taringnya sebagai platform jejaring sosial yang patut diperhitungkan bagi perusahaan teknologi seperti Google, Meta, dan yang lainnya. Share pendapat kamu di kolom komentar ya. Kunjungi juga social media kami Facebook, Twitter, dan Instagram untuk berita teknologi lainnya.

#MARIMEMBACA

Post a Comment

Previous Post Next Post
Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar Canva Pro