![]() |
Tampilan aplikasi Spotify dengan kategori Podcast terbaru. Image Credit: Spotify |
📌 Highlights
- Spotify dikabarkan masuk ke market Audiobooks dan akan bersaing dengan platform Audiobooks lainnya seperti Amazon Audible, dan Scribd,
- Spotify telah mengakuisisi dan mengadakan kemitraan dengan beberapa platform Audiobooks,
- Belum ada kabar pasti kapan fitur Audiobooks ini tersedia di platform Spotify.
Techindopost - Platform streaming musik Spotify dikabarkan akan memulai serangkaian uji coba untuk produk terbaru mereka Audiobooks dalam waktu dekat. Eksekutif Spotify mengatakan perusahaan berencana untuk terus memperluas portfolio Spotify dengan menargetkan market Audiobooks sebagai strategi baru perusahaan, karena Spotify melihat adanya peluang untuk pertumbuhan di market Audiobooks.
“Fitur Audiobooks ini akan segera dirilis, tapi jangan berharap itu akan menjadi sebuah perubahan atau peningkatan terakhir yang kami lakukan untuk produk ini,” kata Paul Vogel CFO Spotify. Dikutip dari TechCrunch.
Rekomendasi Editor Kami
Menggunakan Strategi Podcast
Vogel mengatakan, masuknya Spotify ke market Audiobooks akan sama ketika Spotify masuk ke market Podcast. Spotify akan memberikan experience dan tampilan user interface yang menyesuaikan kebutuhan pendengar Audiobooks secara keseluruhan. Hal ini akan menjadi peluang Spotify untuk berinovasi dan menciptakan hal yang berbeda.
Ada banyak peluang pertumbuhan yang bisa diperoleh dari penambahan Audiobooks ke dalam platform Spotify. Selain dapat menyaingi platform Audiobooks lainnya seperti Amazon Audible, Scribd dan Audiobooks.com, penambahan Audiobooks ini juga akan menjadi peluang pertumbuhan untuk penerbit dan penulis buku. Hal ini bisa membantu market buku dan Audiobooks secara umum.
Diketahui pada musim gugur lalu, Spotify telah mengakuisisi distributor Audiobooks Findaway dengan jumlah yang tidak diberitahukan angkanya. Spotify mengatakan akuisisi ini dilakukan untuk membangun investasi ke dalam industri Audiobooks. Alih-alih investasi, akuisisi ini ternyata menjadi strategi baru Spotify untuk masuk ke dalam market Audiobooks.
Selain Audiobooks Findaway, Spotify diketahui melakukan kerjasama dengan platform Audiobooks Storytel pada Mei tahun lalu yang menjadi sinyal kuat akan masuknya Spotify ke dalam market Audiobooks.
Selain Audiobooks, baru-baru ini Spotify juga telah memperkenalkan produk terbaru mereka yang mana sekarang kamu bisa beli tiket konser tanpa harus keluar dari platform Spotify. Sebelumnya pengguna akan dialihkan ke halaman mitra seperti Ticketmaster dan Eventbrite untuk bisa membeli tiket konser. Produk ini sendiri menjadi hits di kalangan artis dan perusahan entertainment karena bisa menjadi peluang baru untuk meningkatkan pendapatan. Namun sayang tidak ada informasi detail berapa jumlah penjualan yang didapatkan Spotify dari platform tiket ini.
Menarik nih Tiptroopers, buat kamu yang suka mendengarkan Audiobooks, Spotify akan menjadi salah satu platform yang mungkin tidak ingin kamu lewatkan. Share pendapat kamu di kolom komentar kalau kamu sudah mencoba Spotify Audiobooks ya. Kunjungi juga social media kami di Facebook, Twitter, dan Instagram untuk berita teknologi lainnya.
#MARIMEMBACA