25 Fitur MacOS Ventura yang Wajib Kamu Coba

Berita teknologi Techindopost - 25 Fitur MacOS Ventura yang Wajib Kamu Coba
Tampilan wallpaper macOS Ventura. Image Credit: Apple

Techindopost - Update terbaru bisa membuat teknologi lama menjadi terasa baru. Mungkin kamu sekarang tergoda untuk mengganti MacBook kamu dengan mesin M2 yang super power, tapi mungkin yang kamu butuhkan hanyalah menginstal sistem operasi terbaru Mac atau macOS 13 Ventura. Di artikel ini kami akan mengulas 25 fitur terbaru dari macOS 13 Ventura termasuk di dalamnya sistem manajemen terbaru, kemampuan untuk menggunakan iPhone sebagai webcam dengan mudah, dan kemampuan untuk mengedit pesan yang kamu kirim melalui iMessages. Dengan begitu Mac lama kamu tidak akan terlihat tua.

Tapi sayangnya, jika MacBook kamu itu benar-benar sudah terlalu tua, maka kamu perlu khawatir karena Apple telah memutuskan untuk menghapus beberapa tipe Mac dari daftar MacBook yang dapat menjalankan sistem operasi Ventura. Berikut list Mac yang dapat melakukan lompatan ke macOS Ventura:

  • iMac (2017 dan lebih baru)
  • iMac Pro (2017)
  • MacBook Air (2018 dan versi lebih baru)
  • MacBook Pro (2017 dan lebih baru)
  • Mac Pro (2019 dan lebih baru)
  • Mac Studio (2019 dan lebih baru)
  • Mac mini (2018 dan versi lebih baru)
  • MacBook (2017)


Seperti yang ada di list, MacBook Pro keluaran 2016 ke bawah kini sudah berada di blok pemotongan perangkat yang dapat menerima pembaharuan sistem operasi. Jika kamu berada di kondisi tersebut, jangan khawatir, karena ada OpenCore Legacy Patcher yang bisa kamu gunakan untuk menginstall macOS Ventura untuk Mac yang lebih lama. Kami membayangkan Patcher tersebut juga akan memecahkan kode seperti yang mereka lakukan dengan macOS Monterey pada versi sebelumnya. Namun karena ini tidak resmi, maka kamu perlu berhati-hati di dalam penggunaannya.

Tidak perlu menunggu lama, berikut list fitur yang ada di macOS Ventura yang bisa kamu coba:

Stage Manager yang dapat mengelola multitasking

Berita teknologi Techindopost - Tampilan fitur Stage Manager
Tampilan fitur Stage Manager. Image Credit: Apple

Salah satu fitur baru terbesar yang hadir di macOS adalah Stage Manager. Ini adalah solusi Apple untuk menggabungkan multitasking di Mac dan iPad yang kamu miliki. Dengan Stage Manager, window utama kamu akan dikelompokkan dan ditampilkan secara mencolok di tengah layar, sementara grup window lainnya akan diminimalkan di sisi kiri layar. Jika kamu ingin melihat window tersebut, kamu bisa dengan mudah mengklik grup window untuk menampilkannya di tengah layar, sementara window yang sebelumnya aktif akan menggantikan group window di sisi kiri layar.


Rekomendasi Editor Kami



Stage Manager adalah salah satu update paling radikal yang dilakukan Apple untuk macOS dalam beberapa waktu kebelakang, jadi kemungkinan banyak dari kita pengguna Mac lama akan membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dengan fitur tersebut. Kabar baiknya adalah, jika kamu tidak mau menggunakannya, kamu bisa mematikan Stage Manager melalui Control Center.

Continuity Camera untuk mengubah iPhone menjadi webcam

Berita teknologi Techindopost - Continuity Camera, membuat kamera iPhone menjadi webcam
Continuity Camera, membuat kamera iPhone menjadi webcam. Image Credit: Apple

Fitur besar macOS lainnya di tahun ini adalah Continuity Camera. Dengan fitur ini, kamu dapat mengubah iPhone menjadi webcam Mac kamu. Caranya mudah, kamu tinggal menempatkan iPhone yang sudah menjalankan iOS 16 atau yang lebih baru di sebelah Mac yang menjalankan macOS Ventura, nantinya secara otomatis Mac kamu akan memilih iPhone tadi sebagai input video.

Jika kamu menggunakan iPhone terbaru, maka kamu juga dapat memanfaatkan fitur seperti mode Portrait, Studio Light, dan Center Stage. Selain itu fitur yang tidak kalah seru dari penggunaan Continuity Camera adalah Desk View, dimana pengguna dapat menggunakan kamera Ultra Wide pada iPhone tertentu untuk memberi tampilan secara vertikal dari atas ke bawah, tanpa perlu memindahkan iPhone dari Mac kamu.



Akhirnya kamu dapat mengalihkan panggilan FaceTime

Berita teknologi Techindopost - Seorang wanita sedang melakukan panggilan video
Pengguna Macbook sedang melakukan panggilan video. Image Credit: Apple

Jika kamu pengguna setia FaceTime, maka perangkat apapun yang kamu gunakan untuk menerima panggilan, pastinya kamu akan terjebak. Jika kamu menjawab panggilan melalui Mac, dan di kondisi kamu harus pergi, maka kamu harus menutup telepon tersebut dan menelepon kembali melalui iPhone kamu. Dengan macOS Ventura (termasuk iOS 16 dan iPadOS 16), kamu sekarang dapat mengalihkan panggilan FaceTime antar perangkat.

Live Captions untuk video dan FaceTime

Berita teknologi Techindopost - Tampilan Live Captions ketika melakukan percakapan
Tampilan Live Captions ketika melakukan percakapan. Image Credit: Apple

Berbicara tentang FaceTime, sekarang kamu dapat mengaktifkan Live Captions lengkap dengan atribusi speaker selama kamu melakukan panggilan. Live Captions sendiri merupakan fitur yang dapat mengubah suara menjadi sebuah teks secara langsung. Fitur Live Captions ini ini berlaku untuk semua video di Mac, jadi apapun video yang kamu tonton, kamu bisa mengikutinya dengan mudah.

Merubah dan membatalkan pesan

Berita teknologi Techindopost - Ilustrasi ketika pengguna mengubah pesan yang dikirim
Ilustrasi ketika pengguna mengubah pesan yang dikirim. Image Credit: Apple

Jika iPhone kamu menjalankan iOS 16, maka kamu mungkin sudah tahu tentang fitur mengubah dan membatalkan pesan. Setelah kamu mengirim iMessage, kamu dapat mengubah pesan yang terkirim hingga lima kali dalam periode 15 menit. Selain itu, kamu dan membatalkan pengiriman pesan hingga dua menit setelah pesan terkirim.

Jika kamu masih menggunakan macOS di bawah Ventura, maka kamu belum bisa menggunakan fitur ini di Mac kamu, sehingga kamu akan banyak menemukan pesan “Edited To” memenuhi percakapan yang kamu lakukan. Namun, setelah memperbarui Mac kamu ke macOS Ventura, maka kamu dapat mengubah dan membatalkan iMessages.

Mengembalikan pesan yang sudah dihapus

Berita teknologi Techindopost - Tampilan fitur Messages di macOS
Tampilan fitur Messages di macOS. Image Credit: Apple

Jika kamu tidak sengaja menghapus pesan obrolan, maka kamu tidak akan kehilangan pesan tersebut selamanya. Setiap kali kamu menghapus pesan dari Mac, kamu akan memiliki waktu hingga 30 hari untuk memulihkannya. Selain itu, kamu sekarang dapat menandai pesan sebagai pesan yang belum dibaca, sehingga kamu dapat kembali membuka pesan tersebut ketika kamu memiliki waktu.

Membagikan foto dengan iCloud Shared Photo Library

Berita teknologi Techindopost - Tampilan ketika pengguna membagikan album foto ke pengguna lain
Tampilan ketika pengguna membagikan album foto ke pengguna lain. Image Credit: Apple

Jika kamu dan keluarga kamu sering berbagi foto, baik melalui iMessage atau album bersama, maka kamu mungkin akan menjadikan iCloud Shared Photo Library sebagai fitur favorit kamu. Dengan begitu, kamu dapat membuat Photo Library berbasis iCloud yang terpisah dengan hingga lima pengguna lain. Secara otomatis kamu bisa memilih dan menambahkan foto dari Photo Library pribadi kamu berdasarkan tanggal tertentu, atau berdasarkan orang-orang yang ditandai di dalam foto tersebut. Misalnya, kamu memilih untuk membagikan semua foto dari tanggal 1 Januari 2022, atau membagikan semua foto yang menampilkan keluarga kamu.

Dari sini, kamu dapat menambahkan foto baru ke dalam Shared Photo Library dari kamera kamu, bahkan berbagi foto baru saat anggota Photo Library berada di dekat iPhone kamu.

Tapi perlu kamu ketahui bahwa tidak semua fitur bisa berjalan lancar jika kamu tidak menggunakannya dengan baik. Apalagi ketika kamu mengizinkan iOS membagikan foto kamu secara otomatis dengan teman atau keluarga kamu, ini bisa jadi sebuah malapetaka. Jadi, ketika kamu menggunakan fitur ini, kamu perlu memperhatikan dengan baik foto apa saja yang kamu bagikan. Jika tidak, hal-hal bisa menjadi canggung.



Manajemen foto sekarang jadi lebih baik

Berita teknologi Techindopost - Tampilan fitur Photos di macOS
Tampilan fitur Photos di macOS. Image Credit: Apple

Dengan macOS Ventura, kini kamu bisa mendeteksi duplikat foto, yang membantu kamu mengidentifikasi gambar tambahan yang tidak diperlukan di dalam Photo Library kamu dan bisa menghapusnya. Kamu juga dapat dengan mudah menyalin dan menempelkan hasil edit di seluruh foto. Perubahan ini disambut baik oleh para pekerja khususnya fotografer yang sering melakukan pengeditan foto dengan aplikasi, ditambah, pengguna sekarang bisa mengurutkan album berdasarkan abjad.

Mengunci album foto tersembunyi dan yang baru dihapus

Berita teknologi Techindopost - Tampilan informasi pengunci album foto di macOS Ventura
Tampilan informasi pengunci album foto di macOS Ventura. Image Credit: Apple


Ada beberapa metode keamanan yang bisa kamu gunakan untuk mencegah orang lain masuk ke Mac kamu, diantaranya dengan membuat kata sandi yang kuat, menggunakan Touch ID, dan pembuka kunci dengan Apple Watch. Namun, jika orang tersebut berhasil masuk, tidak ada yang dapat menghentikan mereka untuk masuk ke aplikasi foto kamu dan melihat album tersembunyi dan yang baru dihapus. Namun, jika kamu menggunakan mac OS Ventura, kamu dapat mengunci album foto tersebut dengan menggunakan kata sandi atau Touch ID.

System Preferences sekarang menjadi System Settings

Berita teknologi Techindopost - Tampilan System Preferences yang baru (sekarang menjadi System Settings)
Tampilan System Preferences yang baru (sekarang menjadi System Settings). Image Credit: Apple

Ketika macOS secara bertahap mengintegrasikan komponen yang ada di iOS, satu hal yang masih tetap sama adalah System Preferences. Bahkan sampai sekarang, System Preferences telah menjadi menu yang unik dari macOS, dengan tampilan dan tata letak bahkan nama yang jauh berbeda dari menu Pengaturan yang ada di iOS.

Dengan Ventura, System Preferences sekarang secara resmi berubah nama menjadi System Settings, dan bahkan tampilan di dalamnya ikut mengalami perubahan besar. Meskipun tidak begitu mendekati menu Pengaturan di iOS, tapi System Settings memiliki kemiripan yang hampir sama, bahkan menu pengaturan inti tidak begitu mengalami perubahan. Menu terlihat seperti perpaduan sempurna antara Mac dan iPhone.

Mail sekarang memiliki banyak fitur tambahan

Berita teknologi Techindopost - Tampilan ketika pengguna ingin menjadwalkan pengiriman email
Tampilan ketika pengguna ingin menjadwalkan pengiriman email. Image Credit: Apple

Seperti yang kita ketahui, fitur Mail di macOS tidak sepopuler Email Client yang sering digunakan, jika dibandingkan dengan kompetitornya seperti Gmail, Outlook atau Yahoo Mail. Namun, Apple tidak tinggal diam, Apple bahkan berfokus pada fitur Email di tahun ini, dan akan membawa fitur-fitur terbaru ke dalam aplikasi di Mac, iPhone, dan iPad.

Fitur yang paling menarik adalah kemampuan Mail untuk menjadwalkan dan membatalkan email. Kamu tidak perlu lagi menyalahkan diri karena melakukan kesalahan ketik pada saat mengirim email, kamu juga tidak perlu melakukan hal-hal kecil untuk mengatur berbagai email yang kamu miliki. Sekarang kamu bisa menulis email, lalu memilih kapan email tersebut akan dikirim.

Selain itu, Mail sekarang akan memperingatkan kamu jika kamu lupa menambahkan penerima atau lampiran di dalam email yang kamu buat. Kamu juga dapat mengatur pengingat untuk kembali ke email yang tidak dapat kamu tanggapi saat ini. Email yang terkirim akan muncul di bagian atas kotak masuk jika kamu perlu mengirimkan follow up email.



Sekarang Mac memiliki aplikasi Jam

Berita teknologi Techindopost - Tampilan aplikasi Clock di macOS Ventura
Tampilan aplikasi Clock di macOS Ventura. Image Credit: Apple

Btw ini bukan widget ya Tiptroopers, ini adalah aplikasi. Aplikasi Jam yang sama yang kamu gunakan di perangkat iPhone dan iPad sekarang ada di Mac, lengkap dengan semua pengatur waktu, alarm, dan jam dunia yang kamu simpan. Kamu dapat meminta Siri untuk mengatur timer di Mac kamu, tanpa perlu mengaturnya secara manual.

Selain itu, ada juga aplikasi Cuaca

Berita teknologi Techindopost - Tampilan aplikasi Weather di macOS Ventura
Tampilan aplikasi Weather di macOS Ventura. Image Credit: Apple

Sekali lagi, ini bukan widget ya. Apple menambahkan aplikasi Cuaca iOS ke dalam Mac, lengkap dengan informasi kualitas udara, pemberitahuan cuaca buruk, animasi bergerak di background, dan peta cuaca.

Pencarian akan lebih baik menggunakan Spotlight

Berita teknologi Techindopost - Tampilan ketika pengguna mencari informasi dengan fitur Spotlight
Tampilan ketika pengguna mencari informasi dengan fitur Spotlight. Image Credit: Apple

Spotlight adalah alat integral dari semua fitur yang ada di Mac. Pengguna Mac pasti sering menggunakannya untuk semua aktivitas, mulai dari membuka aplikasi baru, hingga mencari situs web, dan menemukan file di Mac.

Apple menambahkan beberapa pembaruan mutakhir untuk fitur Spotlight di dalam Ventura. Sekarang, kamu dapat melihat pratinjau file dengan menekan tombol spasi, yang akan memberitahu tampilan file yang jauh lebih baik daripada window pratinjau saat ini. Selain itu, kamu dapat melakukan aksi dengan cepat seperti menjalankan shortcut, mengatur timer, atau Shazam lagu langsung dari Spotlight.

Kamu juga akan melihat hasil pencarian gambar dari web, sehingga kamu dapat menelusuri gambar seperti objek orang, hewan, tumbuhan, bangunan, dan sebagainya. Berbicara tentang gambar, kamu dapat menggunakan Spotlight untuk mencari gambar melalui berbagai aplikasi, termasuk Photos, Messages, Notes, dan Finder, menggunakan kata kunci seperti lokasi, nama dokumen, barang, dan seterusnya.

Group Tab di Safari mendapatkan pembaharuan

Berita teknologi Techindopost - Tampilan ketika pengguna mencari informasi dengan fitur Spotlight
Tampilan Group Tab di Safari macOS Ventura. Image Credit: Apple

Group Tab merupakan pembaruan menarik yang dilakukan Apple pada Safari di tahun lalu, memungkinkan pengguna mengumpulkan beberapa tab agar bisa diakses dengan mudah. Tahun ini, Apple memungkinkan pengguna berbagi Group Tab dengan pengguna lainnya. Siapa pun dapat menambahkan tab mereka sendiri ke dalam group, sehingga group yang ditambahkan dapat diakses oleh semua orang.

Dengan macOS Ventura, sekarang kamu dapat menyematkan tab penting di dalam Group Tab. Group Tab juga memiliki halaman awal yang unik yang dapat di custom, sehingga membuat pengguna merasa seperti Safari versi mereka sendiri.

Experience Safari akan sama di semua perangkat

Berita teknologi Techindopost - Tampilan aplikasi Safari di Mac, iPad, dan iPhone
Tampilan aplikasi Safari di Mac, iPad, dan iPhone. Image Credit: Apple

Apple ingin experience Safari dibuat semirip mungkin untuk semua perangkat baik di Mac, iPhone, dan iPad. Sekarang, pengaturan khusus website seperti page zoom, automatic reader view, dan website permissions, akan disinkronkan di seluruh perangkat yang kamu miliki. Selain itu, ekstensi akan disinkronkan jika tersedia, jadi kamu akan melihat ekstensi Mac Safari muncul di perangkat Apple lainnya.



Passkeys hadir untuk menggantikan password

Berita teknologi Techindopost - Tampilan Passkeys ketika pengguna ingin login menggunakan Safari
Tampilan Passkeys ketika pengguna ingin login menggunakan Safari. Image Credit: Apple

Apple ingin menghapus penggunaan password, sebagai gantinya, Apple menawarkan Passkeys yang menjadi solusi otentikasi terenkripsi end-to-end. Apple mengatakan bahwa Passkeys dapat menyelesaikan semua masalah penggunaan password. Kamu tidak perlu khawatir tentang kebocoran data atau peretas yang ingin mendapatkan password kamu, karena Passkeys terpasang di perangkat kamu, dan di setiap situs atau server tempat Passkeys kamu terikat.

Tidak ada yang perlu kamu ingat, yang perlu kamu lakukan hanyalah melakukan autentifikasi diri dengan Touch ID, password Mac atau iPhone kamu, dan kamu pun bisa masuk.

Password masih bisa digunakan

Berita teknologi Techindopost - Tampilan pengaturan password dan keamanan
Tampilan pengaturan password dan keamanan. Image Credit: Apple

Banyak yang bilang kalau dunia belum siap untuk membuang password, jadi Apple masih membuat beberapa pembaharuan yang bermanfaat untuk penggunaan password. Mengikuti jejak iOS 16, Apple kini mempermudah penggunaan password wifi di Mac. Selain itu, kamu sekarang dapat mengedit password yang direkomendasikan oleh Safari, yang akan membantu kamu ketika persyaratan password sebuah website tidak sesuai dengan saran yang diberikan macOS.

Peningkatan pada fitur pendiktean

Berita teknologi Techindopost - Tampilan informasi fitur pendikte di macOS Ventura
Tampilan informasi fitur pendiktean di macOS Ventura. Image Credit: Apple

Seperti yang ada di iOS dan iPadOS 16, Pendiktean jauh lebih baik dengan macOS Ventura. Sistem secara otomatis akan menambahkan tanda baca saat kamu berbicara, jadi tidak ada lagi kondisi seperti ketika kamu mengucapkan "Saya mencoba meneleponmu, koma, tapi kamu sekarang tidak di rumah, titik." Selain itu, kamu juga akan mendapatkan dukungan emoji, sehingga ketika kamu mengatakan "wajah terbalik" maka macOS akan memasukkan ikon wajah terbalik tanpa perlu mencarinya sendiri.

Merencanakan perjalan menggunakan Maps

Berita teknologi Techindopost - Tampilan aplikasi Maps macOS Ventura
Tampilan aplikasi Maps macOS Ventura. Image Credit: Apple

Saat ini, aplikasi Maps di Mac tidak mendapatkan banyak perubahan. Namun, tidak untuk pengguna macOS Ventura, karena sekarang kamu bisa merencanakan rute dengan beberapa pemberhentian menggunakan Mac, yang nantinya akan disinkronkan ke iPhone kamu. Kamu juga akan melihat tarif transit di dalam Maps, yang akan membantu kamu pada saat ingin menggunakan transportasi umum.

Aplikasi Notes mendapatkan pembaharuan

Berita teknologi Techindopost - Tampilan aplikasi Notes macOS
Tampilan aplikasi Notes macOS. Image Credit: Apple

Aplikasi Notes mendapatkan beberapa peningkatan sederhana di tahun ini, seperti pengaturan catatan yang dapat dilakukan secara otomatis di dalam Smart Folders. Kemudian, kamu sekarang bisa melakukan filter berdasarkan Date Created, Shared, Attachments, dan Pinned Notes. Dengan begitu, kamu jadi lebih mudah untuk memfilter catatan secara umum karena catatan yang dibuat diatur di dalam kategori group sederhana seperti catatan yang dibuat Hari Ini dan Kemarin.

Catatan yang dikunci juga mendapat peningkatan keamanan, karena sekarang kamu dapat mengenkripsinya secara end-to-end dengan menggunakan password Mac kamu.

Bermain game bersama teman menggunakan Buddy Controller

Berita teknologi Techindopost - Tampilan informasi fitur Buddy Controller di macOS Ventura
Tampilan informasi fitur Buddy Controller di macOS Ventura. Image Credit: Apple

macOS Ventura mendukung fitur aksesibilitas terbaru yang memungkinkan pengguna menggabungkan input dari beberapa controller game. Dengan begitu, kamu bisa mengajak teman kamu untuk mengalahkan musuh terakhir di dalam permainan bersama-sama.



Aplikasi Home mendapatkan tampilan baru

Berita teknologi Techindopost - Tampilan aplikasi Home di perangkat Apple
Tampilan aplikasi Home di perangkat Apple. Image Credit: Apple

Jika kamu pengguna smart home, maka kamu akan melihat tampilan aplikasi Home sedikit berbeda. Kamu akan menemukan kategori baru untuk Lights, Climate, Security, Speakers, TV, dan Water. Kamu bisa mengatur hingga sembilan tampilan kamera, termasuk seluruh tampilan rumah untuk melihat semuanya sekaligus. Ditambah, kini kamu memiliki dukungan perangkat tambahan untuk pertama kalinya. Sekarang kamu bisa menghubungkan aplikasi Home dengan lebih banyak perangkat smart home pihak ketiga daripada sebelumnya.

Keamanan yang ditingkatkan dan lebih cepat

Berita teknologi Techindopost - Tampilan menu Security and Privacy macOS
Tampilan menu Security and Privacy macOS. Image Credit: Apple

Tahukah kamu bawa Apple kini mengikuti jejak Android. Dimulai dengan pembaruan di tahun ini, Apple akan merilis patch keamanan terpisah dari pembaruan software jika diperlukan. Dengan begitu, perusahaan dapat mengatasi kerentanan keamanan tanpa perlu membuat pembaruan resmi macOS (atau iOS) terlebih dahulu.

Mode Lockdown

Berita teknologi Techindopost - Tampilan fitur Lockdown Mode
Tampilan fitur Lockdown Mode. Image Credit: Apple

Mungkin tidak banyak pengguna Mac menggunakan fitur satu ini. Tapi jika kamu bukan pengguna biasa, maka kamu perlu membaca ulasan berikut ini.

Apple memiliki Mode Lockdown terbaru untuk semua perangkat di tahun ini. Fitur satu ini akan mematikan sebanyak mungkin kerentanan privasi di perangkat kamu. Seperti panggilan FaceTime dari orang asing akan diblokir secara otomatis, semua attachments (kecuali gambar) akan disembunyikan, fitur Safari just-in-time (JIT) akan dinonaktifkan untuk mencegah iklan dan situs web berbahaya membajak perangkat kamu.

Secara singkat, fitur ini dirancang untuk pengguna yang memiliki pekerjaan sebagai target organisasi atau pemerintah besar. Jadi akan sangat berguna untuk menjaga data yang dimiliki agar tetap aman.

Nah itu dia Tiptroopers, 25 Fitur MacOS Ventura yang wajib kamu coba. Admin sendiri lebih menyukai fitur Stage Manager, karena membuat perpindahan aplikasi menjadi lebih mudah dan cepat. Kalau kamu memfavoritkan yang mana? Share jawaban kamu di kolom komentar ya, dan jangan lupa untuk memberi tahu kami tentang informasi teknologi apa pun yang kami lewatkan. Selain itu silakan kunjungi social media kami di Facebook, Twitter, dan Instagram untuk berita teknologi lainnya.

#MARIMEMBACA

Post a Comment

Previous Post Next Post
Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar Canva Pro