![]() |
Seorang wanita menundukkan wajahnya di atas laptop. Image Credit: Andrea Piacquadio Pexels |
Techindopost - Pernahkah kamu mendapati tanda bahwa inilah waktu yang tepat untuk menjalankan campaign media sosial tanpa harus mengalami stres dan berharap dapat menjalankan campaign yang sukses? Ketika perencanaan untuk tahun baru semakin dekat, mungkin inilah saatnya untuk kamu mulai memikirkan campaign sosial yang sudah kamu atur dan bagaimana kamu akan menjadikannya yang terbaik.
Kunci dari semua itu adalah manajemen proyek. Dibutuhkan sekelompok anggota tim dari berbagai departemen untuk berkolaborasi secara efektif dan mendapatkan hasil terbaik dari campaign yang dijalankan, atau dibutuhkan seorang Project Manager yang berfokus pada media sosial.
Tidak seperti Manager Social Media yang berfokus pada strategi tingkat tinggi dan manajemen akun secara keseluruhan. Seorang Project Manager sepenuhnya fokus pada proyek atau campaign yang dijalankan. Tugas mereka adalah menjaga agar semua anggota tetap teratur, menghilangkan pembatas antar tim, dan menjaga tim (termasuk Manager Social Media) di jalur yang tepat untuk memberikan apa pun yang diperlukan proyek agar tepat waktu dan sesuai anggaran.
Rekomendasi Editor Kami
Ingin tahu apakah campaign kamu berikutnya membutuhkan seorang Project Manager agar bisa berhasil? Berikut adalah lima hal yang menandakan bahwa sudah waktunya kamu membutuhkan seorang Project Manager untuk menjalankan campaign media sosial kamu:
1. Kehilangan kesempatan karena waktu
Cara terbaik untuk menumbuhkan dan melibatkan audiens adalah dengan konten yang bermanfaat dan tepat waktu. Jika kamu menemukan sebuah peluang campaign seperti event di hari libur atau sesuatu yang lagi viral terlewatkan, maka kemampuan untuk mengelola semua komponen proyek dengan benar dapat membantu kamu. Sebenarnya yang perlu kamu lakukan adalah menghilangkan semua hambatan tersebut daripada berlari dan mempersulit diri di dalamnya.
Serahkan pada Project Manager untuk menjaga peluang campaign tetap di jalurnya, sehingga ia dapat menetapkan tenggat waktu yang realistis, menangani permintaan dari tim lain, dan membantu secara keseluruhan untuk menghindari menit-menit terakhir yang dapat merusak campaign agar bisa tepat waktu dengan potensi besar yang dimilikinya.
2. Tab browser kamu memiliki tab lagi
Tentunya kita semua pernah menggunakan tab browser untuk berselancar di internet. Tetap membuka tab browser dengan tujuan tertentu seperti melakukan penelitian, membuka dokumen, atau sekadar mencari inspirasi adalah kekacauan yang dapat mendatangkan malapetaka dalam mengeksekusi ide campaign kamu berikutnya.
Bukan rahasia lagi bahwa mereka yang bekerja di bidang media sosial mendapati diri mereka lebih dari sekadar marketer atau pemasar. Mereka juga memiliki andil untuk kebutuhan design, customer support, public relations, sales, dan masih banyak lagi, sehingga kamu bisa dengan mudah untuk melihat bagaimana hal-hal tersebut dapat membuat kekacauan. Tugas Project Manager adalah mengkonsolidasikan kekacauan tersebut sehingga kamu dapat lebih fokus untuk menyelesaikan sesuatu yang lebih penting, daripada ikut mengaturnya.
3. Kamu merasa kelelahan
Terlepas dari pertumbuhan media sosial dan jumlah bisnis yang memanfaatkannya, tim media sosial seringkali memiliki jumlah anggota yang sedikit, sehingga di kondisi tertentu membuat mereka merasa kelelahan. Jika anggota tim kamu merasa lelah, berpikir negatif tentang pekerjaan yang kamu berikan dan merasa sulit untuk meningkatkan kinerja profesional mereka secara berkelanjutan, maka mempekerjakan Project Manager bisa menjadi solusi.
Sangat penting untuk kamu ketahui bahwa tim media sosial juga sepatutnya memiliki keseimbangan kehidupan kerja dan kemampuan untuk terlepas dari dunia online agar bisa mempertahankan kreativitas mereka. Selain itu, mereka bisa terdorong untuk melakukan pengujian dan eksperimen dengan campaign yang merupakan bagian integral dari kesuksesan proyek.
Secara garis besar, Project Manager mengurangi beban pekerjaan dan tugas sehari-hari tim pada proyek yang dikerjakan, tetapi juga membantu memotivasi, mengawasi bandwidth dan kesejahteraan tim di dalam prosesnya.
4. Tidak melihat hasil atau pencapaian
Jika kamu secara konsisten tidak melihat hasil yang ingin kamu capai ketika menjalankan sebuah campaign, mungkin inilah waktu yang tepat untuk mempekerjakan seorang Project Manager.
Marketing media sosial didorong oleh data, dan bukan hanya tentang membuat konten yang menarik. Waktu yang kamu miliki harus diinvestasikan ke dalam pemantauan mendalam secara berkelanjutan untuk menguji dan menentukan taktik yang paling efektif untuk membuat prediksi yang memaksimalkan jangkauan untuk campaign kamu berikutnya.
Kamu tidak perlu mendedikasikan waktu yang kamu miliki untuk mengerjakan semua hal yang sebaiknya diserahkan kepada Project Manager. Tidak seperti Manager Social Media yang harus berfokus pada tujuan perusahaan dan kesuksesan akun secara keseluruhan, Project Manager dapat membuat campaign yang lebih sukses dari segi hasil, karena kesuksesan bagi mereka sepenuhnya berbasis proyek.
5. Kamu mencoba melakukan semuanya, tapi tidak mampu
Bahkan jika kamu mencoba melakukan semuanya, sebenarnya kamu bisa, tapi itu tidak berkelanjutan dalam jangka panjang atau bahkan baik untuk pertumbuhan bisnis. Jika kamu secara konsisten kehilangan peluang mengadakan campaign, merasa lelah, dan tidak melihat hasil, semua tanda ini menunjukkan bahwa bisnis kamu memerlukan sosok Project Manager untuk menjalankan campaign yang akan datang.
Dengan Project Manager yang siap untuk menjalankan campaign kamu berikutnya, mereka akan menangani koordinasi tambahan, tugas seperti memotivasi anggota tim, mengelola jadwal, penganggaran, dan ruang lingkup pekerjaan. Dengan cara ini, Manager Social Media kamu dapat fokus pada strategi tingkat tinggi, dan tim dapat mengerjakan tugas-tugas yang berfokus pada keterampilan mereka agar campaign bisa meledak dan mendapatkan perhatian banyak audiens.
Media sosial akan terus memainkan peran besar dalam kesuksesan bisnis. Inilah mengapa menjaga campaign berjalan semulus bukanlah perkara yang mudah. Mempekerjakan Project Manager atau bahkan berinvestasi dalam platform manajemen proyek yang dibuat khusus untuk jenis pekerjaan yang kamu lakukan adalah salah satu cara terbaik untuk memastikan campaign selanjutnya terus berkontribusi pada kesuksesan dan pertumbuhan bisnis kamu. Selain memuaskan target pengguna, kamu juga dapat memuaskan tim yang mengerjakan campaign yang kamu miliki.
Menarik ya Tiptroopers, jika kamu merasakan lima tanda di atas ketika kamu menjalankan bisnis, maka sudah saatnya kamu membutuhkan Project Manager untuk mengatur campaign bisnis yang kamu miliki. Share pendapat kamu di kolom komentar ya, dan jangan lupa untuk memberi tahu kami tentang informasi teknologi apa pun yang kami lewatkan. Selain itu, kunjungi juga social media kami di Facebook, Twitter, dan Instagram untuk informasi teknologi lainnya.
#MARIMEMBACA